SM Entertainment “Induk” Dari Bintang-Bintang Korea


SM Entertainment merupakan salah satu perusahaan pencarian bakat utama di Korea Selatan. Nama SM sendiri diambil dari nama pendiri perusahaan ini, Lee Soo Man. Namun kini SM berubah menjadi singkatan dari Star Museum, karena popularitasnya sebagai rumah grup-grup musik legendaries sebut saja H.O.T., S.E.S., dan Shinhwa.

Selain menjadi rumah bagi artis-artis legendaries, SM Entertainment juga berkiprah mengibarkan nama artis-artis Jepang antara lain Avex Trax, Ayumi Hamasaki, Namie Amuro dan Koda Kumi.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 14 Februari 1995 dan bergerak dalam bidang musik dan hiburan itu kini juga menaungi bintang-bintang K-Pop papan atas, sebut saja Girl’s Generation, Super Junior, SHINee, f(x), TVXQ, BoA, EXO, dan J-Min.

SM Entertainment juga merambah Jepang, dengan mendirikan SM Entertainment Japan yang berdiri sejak 2001. Serta memiliki anak-anak perusahaan lainnya, seperti SM Tin Hall yang berdiri sejak tahun 2000, SM Academy tahun 2003, dan SM Pictures tahun 2007.

Pada tahun 1999, SM Entertainment membuat proyek SM Town. Yang merupakan proyek untuk album kompilasi artis-artis yang bernaung di bawah SM Entertainment.

Kali ini, SM Entertainment memenuhi ambisinya dengan membuat film “I AM” yang merupakan film dokumentasi yang menceritakan seputar kisah di balik layar, di luar panggung, latihan, dan wawancara dengan bintang-bintang K-pop sebelum SMTOWN Live World Tour in Madison Square Garden.

Credit Lovely Top KPop

“JUST TAKE OUT! FULL CREDITS!!”